Cara Sharing Printer di Windows

Cara Sharing Printer di Windows

Cara Sharing Printer di Windows  – Sharing printer memang fitur yang sangat berguna. Bayangkan, hanya dengan menggunakan satu printer saja, maka seluruh komputer yang terhubung bisa melakukan perintah print kepada printer tersebut.

Efisiensi biaya dan waktu jelas menjadi keunggulan fitur yang satu ini. Sharing printer sendiri biasanya banyak dimanfaatkan dalam lingkungan yang membutuhkan mobilitas tinggi serta efisiensi biaya seperti lingkungan kantor dan lain sebagainya.

Fitur ini sebenarnya ada di semua jenis komputer, termasuk MacOS. Namun karena mayoritas komputer yang dipakai sekarang adalah Windows, maka artikel berikut secara khusus akan membahas mengenai cara sharing printer di Windows semua edisi.

Cara Sharing Printer di Windows Plus Mengatasi Masalah Gagal Menyambung

Dasar penggunaan fitur sharing printer di Windows adalah dengan memanfaatkan koneksi komputer. Jadi setidaknya ada dua cara yang bisa Anda gunakan sebagai media sharing printer, yaitu menggunakan koneksi LAN ataupun WiFi.

Keduanya hanya berbeda dari setup yang digunakan saja. Untuk langkah-langkah persiapan, hampir kesemuanya sama. Langkah pertama yaitu dengan menyiapkan komputer server dan printernya terlebih dahulu. Lalu untuk langkah kedua yaitu menghubungkan komputer klien kepada server agar bisa melakukan perintah sprint.

1. Mempersiapkan Komputer Server dan Printer

  • Mempersiapkan Komputer Server

Cara sharing printer di Windows yang pertama adalah dengan menyiapkan komputer server dan printernya terlebih dahulu. Yang perlu Anda lakukan adalah membuat akses ke komputer server terbuka.

Caranya, silakan akses Control Panel. Anda bisa mengakses Control Panel dari bar pencarian di samping logo Windows. Atau jika ingin lebih mudah, tekan tombol Windows+R dan ketikkan Control Panela, kemudian tekan OK. Setelah jendela Control Panel terbuka, saatnya Anda mengatur agar fitur Sharing Printernya aktif.

Caranya, pilih menu Network and Internet, kemudian pilih Network and Sharing Center pada bagian paling atas. Setelah masuk ke menu tersebut, lalu pilih lagi Change advance sharing settings.

Sebuah jendela baru akan terbuka. Nah, pada jendela ini pengaturan sharing printer akan Anda lakukan. Silakan pilih opsi Turn on Networks Discovery sekaligus Turn on file and printer sharing.

Dengan mengaktifkan kedua opsi tersebut pada cara sharing printer di Windows, berarti komputer server Anda sudah siap. Nantinya, komputer klien yang akan memberikan perintah print terlebih dahulu harus tersambung ke komputer Anda, untuk kemudian baru bisa memberikan perintahnya.

Karena komputer server Anda sekarang sudah bisa diakses oleh semua komputer klien dari luar, maka Anda juga bisa melindunginya dengan mengaktifkan password untuk terhubung. Opsi password ini bisa Anda temukan pada jendela pengaturan sharing printer sebelumnya di cara sharing printer di Windows.

Tinggal scroll ke bagian bawah dan pilih opsi All Network. Klik opsi tersebut dan pilih bagian yang paling akhir yaitu Turn on password protected sharing. Namun jika ingin lebih praktis dan tidak ribet, sebaiknya matikan saja opsi password tersebut. Setelah semua diatur, tinggal klik Save Changes. Kini komputer server sudah siap digunakan.

  • Mempersiapkan Printer

Langkah selanjutnya adalah menyiapkan printernya. Masih di Control Panel, masuk ke opsi Hardware and Sound. Opsi ini terletak tepat di bawah opsi Network and Internet. Setelah masuk ke opsi tersebut, Anda akan melihat hardware apa saja yang sudah terkoneksi dan terkonfigurasi dengan komputer server tersebut.

Cara sharing printer di Windows selanjutnya adalah dengan memilih printer yang sudah terdaftar di jendela tersebut. Klik kanan nama printer yang akan digunakan, lalu pilih Printer properties. Jendela baru akan muncul dengan nama printer yang Anda pilih tersebut.

Masuk ke tab Sharing lalu centang opsi Share this printer. Dengan mencentang opsi tersebut, brati printer sudah siap diakses oleh komputer klien manapun yang ada dalam satu jaringan dengan komputer server.

Perlu diingat, yang bisa mengakses komputer server adalah komputer yang ada dalam satu jaringan. Artinya, komputer harus terhubung baik melalui kabel LAN ataupun WiFi ke komputer server tersebut. Jika komputer berada di luar jaringan, maka cara sharing printer di Windows ini tidak akan berhasil.

2. Menghubungkan Komputer Klien

Setelah komputer server siap dan printer telah terhubung, selanjutnya berati tinggal menyambungkan komputer klien ke komputer server agar bisa memberikan perintah print. Syarat yang harus dipenuhi adalah komputer klien juga harus membuka aksesnya.

Jadi caranya tidak jauh berbeda dengan menyiapkan komputer server, yaitu dengan menyalakan Turn on Networks Discovery dan Turn on file and printer sharing. Dengan memilih opsi tersebut, berarti komputer klien sudah bisa digunakan untuk mengakses komputer server.

Cara sharing printer di Windows selanjutnya adalah dengan menghubungkan komputer klien tersebut. Caranya, buka menu File Explorer lalu pilih opsi Network pada bagian paling bawah. Klik opsi tersebut dan Anda akan menemukan nama komputer server printer di sana.

Selanjutnya, klik nama komputer tersebut untuk melihat apa saja yang sudah dibagikan. Jika Anda melihat nama printer di sana, berarti fitur sharing printer sudah berhasil diaktifkan. Selanjutnya, tinggal pilih printer yang ada lalu pilih opsi Connect.

Sekarang Anda sudah bisa mencetak dari komputer klien tersebut. Jangan lupa untuk memastikan status printer Ready terlebih dahulu agar tidak terjadi masalah saat mencetak.

3. Masalah yang Sering Terjadi Sharing Printer di Windows Plus

Meskipun cara sharing printer di Windows terlihat mudah dan sederhana, namun masalah juga tidak bisa dihindarkan. Sering kali terjadi beberapa masalah yang menyebabkan gagalnya fitur yang satu ini. Entah di pengaturan komputer server, pengaturan printer, maupun pengaturan komputer kliennya.

Berikut adalah beberapa masalah yang mungkin akan Anda temui saat mengaktifkan fitur sharing printer di Windows.

Kabel LAN Bermasalah

Sering kali ketika pengaturan sudah benar, nama komputer server tidak mau muncul di menu Network komputer klien. Masalah ini biasanya muncul karena kabel LAN yang digunakan mengalami masalah.

Solusinya jelas, silakan cek terlebih dahulu kondisi kabel LAN yang menyambungkan antara komputer server dengan komputer klien lainnya. Jika sudah tidak layak, silakan ganti dengan yang baru. Masalah ini terjadi bagi Anda yang menggunakan media transfer kabel LAN saja, untuk yang menggunakan WiFi maka bisa terhindar.

Versi Windows Berbeda

Saat cara sharing printer di Windows sudah Anda lakukan dengan benar namun masalah masih saja timbul, maka mungkin penyebabnya ada pada versi Windows yang berbeda di antara kedua komputer tersebut.

Memang masalah ini termasuk sering ditemukan dan tak jarang membuat bingung para installernya. Cara mengatasi masalah ini mudah saja. Cukup instal driver printer komputer server pada komputer kliennya juga. Cara ini terbukti berhasil dan mengatasi masalah perbedaan versi Windows.

Itulah cara sharing printer di Windows yang bisa Anda coba praktekkan. Anda bisa mencoba langkah demi langkah dan memastikan semuanya sudah diatur dengan benar. Jika ada masalah yang tidak terdeteksi, silakan hubungi ahli yang bisa membantu Anda untuk menyelesaikan masalah tersebut.

You May Also Like

About the Author: TheGasruk

Admin TheGasruk sebenarnya suka bermain game, namun di web kali ini akan berbagi semua pengalaman, informasi, dan hal lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *