Cara Menggunakan PCare BPJS Kesehatan

PCare BPJS Kesehatan

Cara Menggunakan PCare BPJS Kesehatan – Layanan berbentuk digital kini banyak dikembangkan oleh berbagai perusahaan maupun jasa termasuk dengan BPJS Kesehatan. Layanan digital memang dinilai lebih efisien dalam segi waktu dan biaya karena dapat diakses kapan saja dan dimana saja.

BPJS Kesehatan menyediakan layanan digital yang disebut dengan PCare. Untuk Anda yang penasaran dengan layanan tersebut, di bawah ini dijelaskan mengenai PCare BPJS Kesehatan mulai dari pengertian, fitur atau menu, kelebihan, serta cara menggunakannya.

Apa Itu PCare BPJS Kesehatan?

PCare atau Primary Care BPJS Kesehatan merupakan aplikasi dengan fasilitas kesehatan tingkat pertama yang dapat diakses secara online.

PCare pertama kali diperkenalkan kepada masyarakat sejak tahun 2014 dan terus melakukan perkembangan hingga kini bisa diakses melalui aplikasi android. Dari segi fungsi, PCare sudah menyesuaikan dengan kebutuhan akses data Puskesmas sehingga lebih update.

Namun, sayangnya aplikasi PCare BPJS Kesehatan tidak berlaku atau tidak bisa diakses secara umum. Yang bisa mengakses aplikasi ini adalah fasilitas kesehatan yang memiliki username dan password untuk login ke dalam aplikasi.

Jadi untuk Anda yang ingin menggunakannya namun belum memiliki username dan password maka harus melakukan pendaftaran ke kantor BPJS Kesehatan terdekat.

Menu atau Fitur Utama PCare BPJS Kesehatan

Aplikasi PCare BPJS Kesehatan baik versi Android maupun versi web memiliki 5 menu atau fitur utama. Berikut ini adalah penjelasan dari masing-masing menu atau fitur yang dimiliki:

1. Menu Home

Home merupakan halaman utama dari aplikasi Primary Care BPJS Kesehatan, jadi ketika Anda berhasil masuk ke dalam aplikasi yang ditampilkan pertama kali adalah menu Home ini. Dengan memilih menu Home Anda dapat kembali ke halaman utama dengan lebih cepat.

2. Menu Tools

Tools atau Pengaturan merupakan menu yang disediakan untuk Anda yang ingin mengubah password aplikasi PCare. Pada menu ini Anda juga dapat mengecek data tenaga medis dimana Anda bekerja kemudian mengolah data yang tersedia.

3. Menu Lihat Data

Pada menu Lihat Data Anda dapat melihat preview data kunjungan sehingga dapat mengetahui berapa banyak peserta BPJS yang sudah terdaftar. Pada aplikasi ini Anda juga bisa melihat informasi kegiatan, jumlah kunjungan, jenis kunjungan, hingga informasi mengenai 10 nama penyakit yang paling sering muncul.

4. Menu Entri Data

Menu Entri Data merupakan menu utama dari aplikasi PCare BPJS Kesehatan. Pada menu ini terdapat dua pilihan sub menu lagi. Berikut ini penjelasan dari masing-masing sub menu yang tersedia pada menu Entri Data:

  • Pelayanan Pasien

Sub menu Pelayanan Pasien digunakan untuk menginputkan data pelayanan dan terapi pada seorang pasien. Data yang ingin dimasukkan ditulis pada kolom Diagnosa dan Terapi. Yang berhak melakukan akses pada menu ini adalah dokter atau petugas balai pengobatan. Jangan lupa untuk menekan tombol Simpan setelah melakukan input data agar data yang dimasukkan tersimpan.

Pada sub menu Pelayanan Pasien juga terdapat menu pilihan pembuatan rujukan. Data yang Anda masukkan pada sub menu tersebut dapat dibaca langsung oleh fasilitas kesehatan rujukan terkait.

Cara untuk membuat rujukan yaitu di halaman sub menu Pelayanan Pasien pilih Rujuk Lanjut pada status bagian pulang. Selanjutnya pilih Spesialis sesuai dengan kebutuhan pasien, lalu tekan Cari Faskes Rujukan.

Setelah itu akan ditampilkan Faskes Rujukan Lanjut yang berisi data berupa nama rumah sakit, alamat, jarak rumah sakit, golongan kelas, jadwal praktik, dan nomor telepon rumah sakit.

  • Pendaftaran Pasien

Sub menu kedua pada menu Entri Data aplikasi PCare BPJS Kesehatan adalah Pendaftaran Pasien. Sesuai namanya, sub menu ini digunakan untuk memasukkan data pasien oleh petugas pendaftaran.

Pendaftaran pasien hanya dilakukan pada pasien yang pertama kali melakukan pengobatan. Jika pasien yang akan dimasukkan sudah pernah berobat di tempat Anda bekerja maka akan muncul identitas pasien secara otomatis ketika menekan tombol Cari.

Data yang ditampilkan pada layar yaitu berupa tanggal lahir, jenis kelamin, status, dokter yang bertanggung jawab, dan tanggal kunjungan. Jika ingin melakukan input data baru, Anda bisa menekan tombol Tambah Baru.

5. Menu Logout

Menu terakhir dari aplikasi PCare BPJS Kesehatan adalah menu logout. Menu ini digunakan untuk keluar dari aplikasi setelah selesai melakukan pekerjaan. Jangan lupa selalu melakukan logout setelah selesai melakukan input data agar tidak disalah gunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab atau yang tidak memiliki akses.

Kelebihan Menggunakan PCare BPJS Kesehatan

Aplikasi PCare BPJS Kesehatan memberikan banyak kemudahan kepada fasilitas kesehatan untuk melakukan pekerjaannya. Berikut ini kelebihan aplikasi PCare yang bisa dirasakan secara langsung:

1. Proses Diagnosa Lebih Cepat

Proses diagnosa yang dilakukan petugas kesehatan akan jauh lebih cepat karena bisa melihat review riwayat penyakit dari pasien. Berdasarkan data riwayat penyakit tersebut penangan akan lebih cepat dilakukan karena data mudah dicari.

2. Proses Pendaftaran Pasien Lebih Cepat dan Lebih Mudah

Dengan menggunakan PCare BPJS Kesehatan makan proses pendaftaran pasien baru akan jauh lebih praktis dan cepat. Hanya dengan memasukkan nomor pendaftaran BPJS saja maka seluruh data pasien dapat tersimpan secara otomatis di dalam data base aplikasi.

3. Proses Perujukan Pasien Lebih Mudah

Rujukan sangat dibutuhkan oleh fasilitas kesehatan tingkat pertama yang tidak mampu menangani pasien karena kurangnya tenaga ahli atau pelayanan medis. Rujukan harus dilakukan dengan cepat agar pasien segera tertangani dengan benar.

Aplikasi PCare dapat membuat proses perujukan pasien jauh lebih cepat dan mudah terutama jika rumah sakit rujukan sudah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.

4. Data Pasien Sudah Terintegrasi

Data pasien yang sudah terdaftar pada aplikasi PCare akan terintegrasi pada semua layanan kesehatan seperti Puskesmas atau Klinik. Data yang terintegrasi akan membuat petugas pelayanan kesehatan akan lebih baik dalam memberikan pengobatan.

Cara Menggunakan PCare BPJS Kesehatan

Aplikasi PCare BPJS Kesehatan sangat mudah digunakan jika Anda sudah memahami menu atau fitur yang disediakan. Untuk aplikasi berbasis Android, Anda bisa mendownloadnya di Google PlayStore dan membukanya langsung. Sedangkan jika Anda memilih menggunakan aplikasi website maka ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Buka browser melalui smartphone atau PC Anda kemudian masuk ke halaman website berikut https://pcare.bpjs-kesehatan.go.id.

2. Selanjutnya akan muncul halaman login, kemudian masukkan username dan password yang Anda miliki untuk melakukan akses aplikasi. Jika lupa password, Anda bisa menggunakan fitur lupa password yang tersedia atau menghubungi BPJS Kesehatan untuk menanyakannya.

3. Jika username dan password yang dimasukkan benar, kemudian akan ditampilkan halaman aplikasi PCare yang memperlihatkan indeks pasien.

Itulah informasi mengenai aplikasi PCare BPJS Kesehatan mulai dari pengertian, menu atau fitur yang dimiliki, kelebihan, serta cara mudah menggunakannya. Kelebihan yang dimiliki aplikasi ini memberikan berbagai kemudahan untuk meningkatkan layanan kesehatan.

Semoga penjelasan di atas dapat membantu Anda yang membutuhkan informasi mengenai aplikasi Primary Care BPJS Kesehatan. Dan silahkan kunjungi thegasruk.com untuk melihat info lainnya seputar BPJS.

You May Also Like

About the Author: TheGasruk

Admin TheGasruk sebenarnya suka bermain game, namun di web kali ini akan berbagi semua pengalaman, informasi, dan hal lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *