Cara Mengecilkan Ukuran Foto

Cara Mengecilkan Ukuran Foto

Cara Mengecilkan Ukuran Foto – Photo merupakan gambar yang sangat di perlukan baik untuk identitas maupun sebagai data pendukung sebuah dokumen, dalam sebuah photo memiliki beberapa format diantaranya yaitu JPG, Jpeg, Psd, Png dan lain sebagainya.

Jpeg atau JPG merupakan format photo yang sering kita temui dan kita gunakan karena dapat di buka di perangkat ponsel maupun PC/laptop tanpa bantuan software, format tersebut juga di gunakan oleh beberapa orang karena memiliki ukuran yang sangat kecil di banding dengan jenis format lain nya.

Pada sebuah photo dengan ukuran yang sangat besar memiliki kualitas dan resolusi yang baik sehingga tidak pecah saat di perbesar, tetapi photo memiliki pengaruh apabila di gunakan untuk mengirim email maupun untuk di unggah dalam sebuah artikel.

Hal ini di karenakan terbatasnya ukuran file photo yang dapat di unggah dan juga menghambat proses dalam mengunggah, berikut ini  Thegasruk.com akan mengulas dan juga membahas bagaimana caranya mengecilkan ukuran photo tanpa mengurangi kualitas nya.

Cara Mengecilkan Ukuran Photo

Beberapa cara dapat kita lakukan untuk mengecilkan ukuran photo jenis Jpeg/JPG, Dalam artikel ini kita dapat menggunakan 8 cara untuk mengecilkan ukuran photo sebagai berikut:

  1. Microsoft Paint
  2. Adobe Photosop
  3. Photo Compres & Resize
  4. Photo & Picture Resizer
  5. TinyJPG
  6. iloveIMG
  7. Shortpixel Image Optimizer
  8. Smush Image Compression and Optimization

Menggunakan cara di atas untuk mengecilkan ukuran photo tidak akan mengurangi distorsi pada gambar kita, Berikut ini cara mengecilkan ukuran gambar dan mempertahankan kualitas gambar yang di hasilkan agar tidak distorsi.

Cara Mengecilkan Ukuran Foto di PC Menjadi 200 kb

Pada sebuah PC/Laptop memiliki software pengeditan sebuah gambar baik dari bawaan Windows seperti Microsoft paint maupun software yang dapat kita instal sendiri seperti Adobe Photosop.

Menggunakan Microsoft Paint

Microsoft Paint merupakan sebuah aplikasi versi bawaan dari setiap perangkat Windows. Apabila kita menggunakan dengan system operasi windows, aplikasi tersebut bisa menjadi alternatif utama untuk dapat mengecilkan file JPG.

  1. Hal yang pertama kita dapat klik File/gambar tersebut > Open dan kita pilih jenis file yang menggunakan JPG.
  2. Selanjutnya, pada aplikasi Paint kita dapat melihat Resize yang tertera dengan memiliki gambar kotak dan kemudian kita klik.
  3. Kita hanya perlu mengurangi pada dimensi gambar sesuai yang di inginkan. Apabila selesai, kemudian kita klik OK.
  4. Langkah yang terakhir kita simpan file tersebut dengan cara klik File > Save as > JPEG Picture.
  5. Selesai, kita dapat menggunakan cara tersebut yang lebih mudah?

Adobe Photosop

Adobe Photoshop merupakan sebuah aplikasi unggulan yang banyak digunakan untuk mengedit sebuah foto maupun dapat digunakan untuk desain grafis.

Tapi Sayangnya, kebanyakan orang yang belum faham betul menganggap bahwa aplikasi tersebut sebagai tool yang tidak mudah untuk digunakan sekalipun hanya untuk melakukan hal yang sangat sepele seperti digunakan untuk mengecilkan ukuran gambar file JPG. Sebenarnya untuk melakukan hal tersebut sangatlah mudah, berikut langkah-langkahnya.

  1. Yang pertama kita buka terlebih dahulu aplikasi Adobe Photoshop, kemudian kita dapat klik File  lalu klik Open untuk dapat membuka file gambar yang ada di penyimpanan Komputer dan pilih gambar sesuai yang ingin kita kecilkan ukurannya.
  2. Apabila gambar sudah masuk pada aplikasi adobe photoshop kita buka kembali menu File kemudian kita klik Export dan pilih Save for Web. Selanjutnya akan tampil pop-up window.
  3. Pada pop-up window yang muncul memiliki banyak pengaturan yang mungkin agak terlihat rumit. Namun, kita hanya perlu untuk memperhatikan 3 hal yaitu: Quality,Preset, dan Image Size.
  4. Hal yang pertama kita lakukan pastikan Preset yang kita gunakan “JPG Medium” dan mengunakan Quality medium. Kemudian, kita dapat mengatur dimensi gambar maupun Image Size sesuai dengan kebutuhan yang kita inginkan. Dalam ulasan kali ini, kita dapat mengurangi dimensinya hingga 1920 x 1282. Apabila sudah, kemudian kita klik tombol Save untuk di simpan di folder komputer yang kita inginkan.
  5. Ada hal yang perlu kita ketahui bahwa ulasan kali ini menggunakan software Adobe Photoshop CC 2019. Apabila menggunakan versi Photoshop sebelum CC 2015, untuk menu Save for Web dapat dilakukan langsung dan bisa kita temukan setelah klik menu File.

Cara Mengecilkan Ukuran Foto di HP Menjadi 200 kb

Nah, sedangkan untuk yang menggunakan perangkat smartphone kalian bisa kompres foto 200 kb online ataupun offline dengan cara yang sederhana, berikut ini selengkapnya.

Menggunakan Photo Compres & Resize

Apabila kita tidak memiliki aplikasi photosop yang tersedia untuk PC/Laptop, kita dapat menggunakan Aplikasi Android yang dapat digunakan dengan mudah untuk memperkecil ukuran gambar file JPG menggunakan aplikasi Photo Compress & Resize. Fungsi pada aplikasi ini juga sangat sederhana, hanya digunakan untuk memotong dan mengecilkan file JPG.

Namun, ada dua istilah dalam aplikasi ini yang mungkin sangat membingungkan bagi beberapa pengguna, yaitu resize dan compress. Suapaya kita mengerti, The gasruk akan mengulasnya pada bagian ini. Dalam kedua istilah tersebut pada dasarnya memiliki arti yang sama, namun ada perbedaannya pada perlakuan kita terhadap dimensi gambar.

Pada saat melakukan compress pada sebuah file JPG, kita hanya mengurangi ukuran file tersebut tanpa harus mengurangi dimensi pada gambar tersebut. Tetapi kita perlu mempertimbangkan kembali kualitas gambar setelah melakukan proses ini. Melakukan kompresi gambar bisa dilakukan berulang kali, namun kita perlu berhenti apabila muncul distorsi pada gambar tersebut.

Di sisi lain, Resize memiliki arti mengubah dimensi pada gambar dan juga dapat mengubah ukuran filenya. Pada beberapa aplikasi yang memiliki fungsi yang sama mengecilkan ukuran gambar dengan jenis file JPG juga dapat melakukan compress secara otomatis apabila penggunanya dengan melakukan resize. Pada aplikasi Photo Compress & Resize memberikan 2 opsi tersebut.

Compres

  1. Apabila kita memilih untuk compress gambar, yang pertama buka aplikasi Photo Compres & Resize terlebih dahulu.
  2. Kemudian pilih Compress photos.
  3. Pada size kita dapat merubah ukuran sesuai yang kita inginkan.
  4. Kemudian kita tekan Start Compressing.

Pada compres kita dapat langsung menentukan ukuran file atau kualitas gambar yang kita inginkan, dan untuk memastikan agar dimensi pada gambar tidak berubah kita dapat klik slider yang berada  d bagian  sebelah kanan teks Maintain Resolution.

Resize

  1.  Setelah membuka aplikasi Photo Compres & Resize, kita pilih Resize Photos.
  2. Kemudian pada bagian pixel kita dapat merubah size preset dengan memasukan width dan Heigh.
  3. Kemudian klik Start Resising.

Menggunakan Photo & Picture Resizer

Photo & Picture Resizer merupakan sebuah aplikasi untuk memperkecil ukuran gambar format file JPG yang sangat sederhana dalam menggunakannya, Apabila kita sudah membukanya kita akan dihadapkan dengan beberapa pilihan diantaranya Select photo, Take a photo, Resized photos, Select video, Rate the app, dan Buy premium.

  1. Dari beberapa pilihan diatas kita pilih Select photos untuk dapat membuka file gambar yang ingin kita rubah ukurannya.
  2. Selanjutnya klik tombol empat tanda panah untuk mengecilkan ukuran file gambar.
  3. Pada layar akan muncul sebuah dimensi pilihan gambar. Dan kita dapat memilih dimensi sesuai yang kita inginkan.
  4. Kita juga dapat memilih custem sesuai yang kita inginkan seperti pada aplikasi sebelumnya kita pilih 1920 x 1282.
  5. Apabila dimensi gambar sudah kita pilih maka secara otomatis gambar akan tersimpan pada perangkan ponsel.

Cara Mengecilkan Ukuran Foto via Online

Apabila tidak memiliki aplikasi pada PC maupun perangkat ponsel kita masih tetap melakukan cara untuk mengecilkan gambar menggunakan online, Terdapat beberapa tool yang bisa kita gunakan diantaranya TinyJPG dan juga iLoveIMG. Pada kedua tool ini dapat di akses menggunakan perangkat ponsel maupun komputer sehingga kita tidak perlu menyimpan aplikasi yang dapat memenuhi ruang penyimpanan.

Menggunakan Tiny JPG

Tool online yang satu ini sangatlah sederhana untuk penggunaanya, kita hanya perlu mengupload gambar yang ingin kita rubah ukuranya.

  1. Yang pertama kita buka tool tersebut pada link tinyjpg.com.
  2. Kemudian kita klik tanda panah kebawah yang bertuliskan “drop your png or jpg”
  3. Kemudian pilih photo pada komputer maupun ponsel kita, maka secara otomatis proses kompresi akan berjalan dengan otomatis dan kita dapat mengunduh hasilnya dengan cara klik download. Selanjutnya photo akan berubah ukuranya menjadi lebih kecil.

Menggunakan iloveIMG

Pada tool yang satu ini menawarkan berbagai cara untuk mengedit photo maupun gambar, termasuk juga cara untuk resize dan compress gambar. Untuk ulasan kali ini kita akan mencoba untuk kompresi pada sebuah gambar menggunakan iLoveIMG.

Perlu Thegasruk ingatkan bahwa kita bisa melakukan pengkompresian sejumlah gambar secara bersamaan dengan menggunakan iLoveIMG.

  1. Yang pertama kita pilih terlebih dahulu photo yang ingin kita kecilkan dengan cara klik tombol select Images.
  2. Selanjutnya kita tinggal klik tombol Compress Images, maka secara otomatis file photo kita akan masuk dan diunduh ke perangkat ponsel maupun komputer apabila prosesnya sudah selesai.

Cara Mengecilkan File Gambar Menggunakan Plugin WordPress

Bagi kita pengguna WordPress, mungkin cara ini dapat kita lakukan tanpa harus menggunakan software seperti adobe photosop maupun tool online yang tersedia, kita dapat melakukan kompresi menggunakan plugin.

Pada ulasan kali ini kita akan membahas dua plugin optimasi gambar yang bisa kita gunakan diantaranya Shortpixel Image Optimizer dan Smush Image Compression and Optimization.

Menggunakan Shortpixel Image Optimizer

Plugin yang satu ini dapat kita gunakan untuk mengecilkan ukuran sebuah gambar dengan menggunakan Shortpixel Image Optimizer. Plugin yang satu ini memiliki fungsi untuk kompresi gambar dan juga dapat digunakan terhadap thumbnail. Shortpixel dapat kita gunakan setelah kita mendapatkan API key nya. Kita juga dapat meminta key nya secara gratis, Apabila instalasi plugin nya selesai, kita bisa langsung di bawa pada halaman Settings.

  1. Untuk dapat memiliki API key dari ShortPixeel kita masukan terlebih dulu alamat email yang ingin kita gunakan untuk membuat Wordpres pada kolom yang tersedia. Kemudian klik tombol request key nya yang ada di sebelahnya.
  2. Apabila sudah memiliki email dari shortpixel, kita masukan API key nya kedalam kolom yang tersedia. Apabila sudah kita klik tombol validate.
  3. Sekarang kita dapat mengakses menu yang ada pada DhortPixel dengan cara klik media kemudian Bulk ShortPixel yang ada pada Dashboard.
  4. Untuk dapat menggunakan Shortpixel, kita klik tombol Start Optimizing.

Menggunakan Smush Image Compression and Optimization

Smush merupakan plugin yang dapat membantu kita apabila ingin melakukan komresi gambar melalui website WordPress tanpa harus melakukan secara manual dengan menggunakan software maupun online.

Apabila plugin tersebuut terpasang dan sudah aktif, kita dapat masuk langsung pada menu pengaturannya dengan masuk dashboard wordpress dahulu untuk dapat menggunakannya.

Smush memiliki cara kerja yang sangat sederhana, apabila kita ingin membuka pengaturan plugin tersebut semua gambar akan di periksa melalui fitur bulk smush dalam media library pada website WordPress kita.

Kemudian plugin ini akan memberitahu kita terhadap beberapa file yang harus di kompres. Setelahnya kita dapat klik tombol Bulk Smush Now yang ada pada pojok kanan bawah layar, agar memastikan tidak ada nya file photo yang dilewat kita bisa klik kembali tombol Re-check Image yang ada pada bagian atas layer.

Apabila kita ingin melakukan kompresi gambar melalui website WordPress plugin sangat membantu kita tanpa harus bersusah payah. Jika plugin sudah terpasang dan sudah aktif, kita dapat masuk pada menu pengaturannya menggunakan dashboard WordPress.

Selain itu juga pada plugin memiliki fitur Directory Smush yang dapat memungkinkan kita untuk dapat kompresi gambar yang berada di luar media library WordPress. Kita bisa memilih folder dengan letak file yang ingin kita kecilkan ukuranya dengan cara klik tombol choose directory.

Baca juga :

Itulah beberapa cara untuk dapat mengecilkan file gambar sehingga dapat digunakan sebagai dokumen atau lampiran gambar untuk kebutuhan kita. Ada beberapa cara seperti menggunakan software komputer, perangkat ponsel, secara online dan juga menggunakan plugin wordpress. Kita dapat menggunakannya diantara salah satu dari aplikasi tersebut. Selamat mencoba.

You May Also Like

About the Author: TheGasruk

Admin TheGasruk sebenarnya suka bermain game, namun di web kali ini akan berbagi semua pengalaman, informasi, dan hal lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *