Cara Mempercepat Booting Windows 10

Cara Mempercepat Booting Windows 10

Cara Mempercepat Booting Windows 10 – Windows 10 merupakan versi OS yang terbaru dari Microsoft, pada Windows 10 merubah tampilan nya serta memiliki banyak fitur maupun aplikasi built-in.

Selain itu juga syarat system pada Windows 10 ditingkatkan, hal ini karena peningkatan dan pengakhiran pada beberapa fitur maupun aplikasi yang lama ada pada versi windows sebelumnya.

Walaupun syarat minimal pada system dalam menginstal windows 10 sudah ditingkatkan serta banyaknya aplikasi built-in atau fitur yang baru dimiliki seperti sebuah instalasi aplikasi ketiga dan pengaturan default yang sudah ada membuat booting pada windows 10 menjadi lambat.

Bagi para pengguna Windows 10 hal tersebut menjadi sebuah keluhan tersendiri karena booting yang memakan waktu sangat lama untuk dapat benar-benar bisa menggunakan Windows 10.

Tetapi ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk mempercepat dalam waktu booting pada windows 10 tanpa dilengkapi dengan aplikasi pihak ketiga, langkah tersebut apabila diterapkan dapat memiliki pengaruh yang berbeda karena sangat bergantung pada beberapa faktor contohnya program yang sudah terinsall, kecepatan dalam internet dan lain sebaginya.

Cara Mempercepat Booting Windows 10 di PC atau Laptop

Berikut ini cara untuk mempercepat booting windows 10 yang harus kalian ikuti, agar proses booting berjalan dengan lancar pada perangkat yang kamu gunakan baik itu pc atau laptop.

Mengaktifkan Fast StartUp

Cara untuk dapat mempercepat booting pada windows 10 yang bisa kita coba dengan mudah pada perangkat PC maupun laptop yaitu dengan mengaktifkan fitur Fast Starup. Mengaktifkan fitur Fast Starup adalah salah satu cara tersendiri yang di khususkan untuk dapat mempercepat proses booting pada PC maupun laptop, pada fitur tersebut pertama kali di implementasikan pada windows 8.

Namun secara default fitur fast startup di aktifkan pada windows 10, fitur Fast Starup juga sangat bermanfaat untuk mempercepat booting pada windows 10. Fast Starup sangat berguna dan juga menjadi pilihan mereka yang bisa diterapkan walaupun tanpa sepengetahuan dari pengguna windows 10 nya sendiri.

Tetapi tidak sedikit juga pengguna dari windows 10 menonaktifkan fitur tersebut sebagai cara mengatasi sebuah masalah pada windows 10. Di bawah ini langkah-langkah mengaktifkan Fast Starup.

Kata bisa memeriksa komputer Windows 10 nya terlebih dahulu untuk dapat memastikan bahwa fitur ini tetap dalam keadaan aktif. Jika fitur fast Starup dinonaktifkan, kita aktifkan dahulu dengan cara memberi tanda centang di kotak centang yang terdapat pada fitur Fast Startup.

  1. Yang pertama kita klik kanan pada tombol Start agar menampilkan daftar menu pada WinX (Power User menu).
  2. Setelah terlihat pada daftar menu, kemudian pilih Power Options.
  3. Kemudian pada jendela Power & sleep yang tampil kita scroll ke bawah dan klik tautan Additional power settings yang letaknya ada di bagian paling kanan.
  4. Selanjutnya pada jendela Power Options yang tampil kita dapat klik tautan Choose what the power buttons do yang ada pada sebelah kiri jendela.
  5. Setelah itu yang muncul pada jendela System Settings, kita dapat klik Change settings that are currently unavailable untuk mengaktifkan shutdown setting.
  6. Kemudian kita kasih tanda centang yang ada pada kotak centang Turn on fast start-up (recomended) paling atas.
  7. Selesai

Matikan Program yang Masih Berjalan

Ada beberapa program pada perangkat laptop maupun PC yang tidak kita sadari biasanya masih berjalan disaat proses starup sedang berlangsung, Terlalu banyaknya program yang berjalan dalam waktu bersamaan akan menurunkan performa sehingga membuat proses booting pada perangkat PC maupun laptop kita sangat lambat.

Hal ini membuat kerja pada perangkat akan lebih berat dan akan lama, dan kita harus menonaktifkan semua program yang masih berjalalan ketika startup sedang berlangsung. Berikut ini langkah-langkah menonaktifkan program yang masih berjalan dengan mudah.

  1. Yang pertama kita harus melakukan klik kanan pada start atau dapat dengan mekan tombol secara bersamaan Ctrl+Alt+Del dan selanjutnya kita pilih Task Manager.
  2. Setelah di buka pada tampilan Task Manager, akan menampilkan beberapa program yang sedang berjalan pada perangkat PC maupun laptop kita. Kemudian kita lakukan klik tab pada Start-up yang ada pada Task bar.
  3. Selanjutnya kita dapat menonaktifkan program yang berjalan dengan pilih maupun sorot program yang ingin kita matikan dengan cara klik tombol Disable.
  4. Selesai.

Matikan Efek Khusus

Pada windows 10 memiliki salah satu keunggulan yaitu banyaknya efek-efek yang dapat memperindah pada tampilan layarnya. Dalam windows 10 yang saat ini merupakan OS terbaru dari Microsoft memiliki banyak efek khusus yang bisa kita terapkan pada komponen interface nya.

Tetapi efek yang bisa memperindah tampilan pada layar tersebut ternyata dapat membuat booting pada perangkat PC maupun laptop menjadi lambat. Hal tersebut dikarenakan efek khusus pada interface nya dapat membuat sistem kerja pada PC maupun laptop semakin bertambah berat.

Oleh karena itu, apabila kita ingin melakukan cara untuk dapat mempercepat booting pada windows 10 dapat mematikan efek khusus tersebut, berikut ini langkah untuk mematikan efek khusus pada perangkat PC maupun laptop.

  1. Yang pertama kita lakukan ialah klik pencarian pada taskbar yang berada di samping kanan tombol start, kemudian ketikan “advanced system settings” dan selanjutnya kita tekan Enter.
  2. Kemudian pada jendela System Properties yang tampil kita dapat klik menu Advanced dan kemudian pilih performance dan klik tombol Setting.
  3. Selanjutnya kita akan masuk pada visual effect dan pada jendela Performace Options yang tampil kita dapat klik tombol Adjust for best performance dan setelah itu kita klik tombol OK.
  4. Selesai.

Menghilangkan Elemen Transparan

Seperti yang kita tau bahwa pada windows 10 mempunyai banyak sekali efek untuk memperindah pada tampilannya, Hal ini juga berlaku pada bagian start menunya, efek yang memperindah tampilan windows 10 tersebut salah satunya elemen transparansinya.

Namun ternyata untuk mengaktifkan efek tersebut membuat proses booting pada perangkat PC maupun laptop menjadi lebih lambat, dengan hal ini untuk mempercepat booting pada windows 10 yang sangat efektif ialah dengan cara menghilangkan elemen transparanya dengan cara di bawah ini.

  1. Yang pertama kita dapat menekan tombol start kemudian pilih settings dan pilih personalization atau dapa klik kanan langsung pilih personalisation.
  2. Kemudian pada jendela personalization yang tampil kita dapat pilih Colour yang ada di sebelah kiri.
  3. Apabila pada perangkat PC maupun laptop kita masih dalam keadaan on kita dapat melakukan atau merubah tombol transparency effect nya menjadi off.
  4. Selesai.

Mengurangi Batas Waktu Menu Booting

Cara selanjutnya kita dapat melakukan pengaturan waktu pada fitur yang satu ini apabila perangkat laptop maupun PC kita merupakan dual booting, hal ini agar mengetahui apakah dua sistem operasi maupun dua Microsoft Windows dengan versi yang berbeda.

Pada pengaturan default perangkat laptop maupun PC tampilan layar untuk memilih sistem operasi yaitu 30 detik. kita juga bisa mengurangi batas waktu tersebut pada menu booting menjadi lebih singkat yaitu misalnya 15 detik.

  1. Yang pertama kita lakukan ialah klik pencarian pada taskbar yang berada di samping kanan tombol start, kemudian ketikan “advanced system settings” dan selanjutnya kita tekan Enter.
  2. Kemudian pada jendela System Properties yang tampil kita dapat klik tab Advanced dan kemudian klik tombol Settings pada bagian Start-up and Recovery.
  3. Selanjutnya pada jendela Start-up and Recovery yang tampil kita dapat merubah nilai pada spinner dari Time to display list od operating systems misalnya menjadi 15 untuk dapat mempersingkat waktu saat booting.
  4. Selesai.

Membersihkan Komputer

Upaya selanjutnya yang dapat kita coba untuk mempercepat waktu booting Windows 10 yaitu dengan cara membersihkan perangkat komputer dari file yang sudah tidak digunakan lagi. Pada langkah ini kita jangan terlalu berharap dengan perubahan yang akan diperoleh hasilnya karena mungkin saja tidak akan memiliki dampak yang signifikan.

Tetapi, membersihkan perangkat komputer dari file sampah merupakan suatu hal yang baik untuk alasan apapun. Ada begitu banyak aplikasi pihak ketiga yang tersedia dan bisa digunakan, pada Windows 10 juga mempunyai fitur built-in yang dapat digunakan Disk Clean-up. Berikut ini merupakan langkah membersihkan komputer.

  1. Yang pertama kita lakukan ialah klik pencarian pada taskbar yang berada di samping kanan tombol start, kemudian ketikan “disk cleanup” dan selanjutnya kita tekan Enter.
  2. Kita dapat membersihkan perangkat komputer dengan cara klik tombol Ok pada Disk Clean up system files dan dapat memilih Disk C maupun Disk D yang ingin kita bersihkan.
  3. Selesai.

Menyembunyikan Icon Desktok

Cara ini sangat direkomendasikan untuk dapat menyembunyikan icon-icon yang ada pada desktop. Karena disaat log in ke desktop, sistem pada perangkat akan meloading icon dan juga semua yang akan muncul pada desktop.

Sistem pada perangkat akan lebih membutuhkan waktu yang lebih lama untuk melakukan loading apabila banyak icon yang ada pada desktop. Berikut ini langkah untuk menyembunyikan Icon pada dekstop.

  1. Yang pertama kita lakukan yaitu dengan cara klik kanan pada desktop.
  2. Kemudian kita dapat memilih view.
  3. Selanjutnya kita hilangkan centang pada show icon desktop untuk menyembunyikan icon yang tampil pada desktop.
  4. Selesai.

Menambah Virtual Memory

Virtual memory memiliki fungsi sebagai perpanjangan dari RAM pada sistem operasi Windows. Dengan cara menambah ukuran virtual memory kita dapat membuat system pada perangkat PC maupun laptop akan menjadi lebih ringan, apalagi bagi pengguna PC maupun laptop yang memiliki RAM yang kecil.

Cara menambah ukuran virtual memory pada Windows 10 sangatlah mudah untuk kita lakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Yang pertama kita dapat membuka windows explorer, kemudian klik kanan pada ikon komputer dan kita pilih properties.
  2. Selanjutnya kita pilih menu advanced system setting.
  3. Setelah itu akan muncul jendela system properties, kita pilih tab advanced yang ada pada taskbar kemudian pilih performance dan klik setting.
  4. Apabila sudah masuk pada jendela performance kita pilih tab advanced kembali pada taskbar dan pada virtual memory kita klik tombol change.
  5. Selanjutnya kita rubah ukuran virtual memory sesuai dengan kebutuhan kita.
  6. Selesai.

Pada ukuran virtual memori dapat kita atur sesuai dengan kebutuhan, idealnya pada virtual memory yaitu separuh besaran dari RAM atau sama dengan RAM ukurannya. Apabila pada perangkat memiliki RAM 2 GB ataupun 4 GB maka pada nilai virtual memory nya dapat kita samakan dengan RAM nya.

Update Driver Grafis

Masalah yang menyebabkan booting windows 10menjadi lambat dapat terjadi pada driver grafis nya yang sedang dipakai. Apabila perangkat laptop maupun PC yang di gunakan mempunyai kartu grafis on board maka Windows 10 secara otomatis akan mencari driver yang sesuai dengan ketika kita melakukan install Windows.

Hal tersebut bisa saja terjadi karena driver yang terinstall merupakan versi lama atau bahkan sama sekali tidak berjalan dengan baik.

Untuk dapat mengatasi masalah tersebut kita dapat mencoba untuk melakukan update driver grafis dengan cara manual atau dapat menggantinya dengan driver versi terbaru maupun dengan yang lebih baik. Berikut ini merupakan langkah-langkah yang dapat kita coba melakukan update driver grafis.

  1. Yang pertama kita lakukan dengan cara buka device manager dengan cara menekan tombol windows+X secara bersamaan dan kemudian pilih device manager.
  2. Kemudian temukan opsi display adapters dan selanjutnya klik tombol expand.
  3. Setelah itu klik kanan pada driver grafis dan pilih update driver, pastikan perangkat terhubung dengan jaringan internet hingga proses nya selesai.
  4. Apabila update tidak dapat ditemukan, selanjutnya kita dapat melakukan dengan cara manual yaitu dengan klik kanan pada driver grafis kemudian pilih properties lalu klik tab.
  5. Pastekan hardware id yang kita copy kedalam situs https://devid.info/. Namun hanya nilai DEV dan PCI nya saja yg dapat di ambil, sisanya kita hapus.
  6. Contoh nilai hardware pada perangkat adalah PCI\VEN_1002&DEV_67FF&SUBSYS_E3671DA2&REV_FF.
  7. Selanjutnya kita tekan tombol search, kemudian akan tampil list driver yang sangat kompatibel dengan kartu grafis, kita dapat pilih yang sesuai dengan OS yang terpakai dan yang pastinya versinya merupakan yang terbaru. Kita download drivernya terlebih dahulu kemudian di instal pada komputer.
  8. Selesai.

Update Windows

Cara selanjutnya yang dapat kita lakukan dengan mempercepat booting Windows 10 ialah dengan cara update Windows. Pada windows ini akan selalu mendapatkan sebuah update secara berkala, hampir dalam setiap bulan akan muncul update terbaru baik update secara major maupun minor.

Apabila perangkat komputer kita dalam keadaan offline dengan waktu terlalu lama dan juga tidak mendapatkan update secara berkala maka bisa yang terjadi ada bug di dalamnya yang belum sempat di-patch sehingga dapat menyebabkan booting menjadi lamt. Untuk solusinya yaitu dengan cara update Windows.

  1. Yang pertama kita hubungkan dahulu computer kita ke internet.
  2. Selanjutnya kita masuk ke Settings dan pilih Security and Update kemudian dengan klik tombol Check for updates.

Reset PC

Apabila semua langkah di atas sudah dilakukan dan masih membuat booting Windows 10 tetap lambat maka solusi yang terakhir adalah dengan cara melakukan reset PC. Pada langkah ini memiliki cara kerja yang sama dengan mereset perangkat ponsel android menjadi setelan pabrik.

Sebelum melakukan reser PC jangan lupa kita terlebih dahulu untuk melakukan backup Data maupun file-file yang penting pada drive C dan dapat memindahkannya ke HDD external maupun ke drive D. Berikut ini langkah-langkah untuk melakukan reset ulang pada perangkat PC maupun laptop kita seperti semula.

  1. Yang pertama kita buka setting.
  2. Kemudian kita klik Update & Security dan pilih Recovery.
  3. Pada opsi reset this PC kita dapat menekan tombol Get started.
  4. Setelah itu ikuti langkah-langkah berikutnya sampai selesai.

Setelah itu laptop akan kebali ke pengaturan awal ketika baru membeli, apabila proses reset sudah selesai kita perlu menginstal ulang aplikasi yang kita butuhkan, kita akan merasakan booting windows 10 akan lebih cepat.

Baca juga :

Itulah beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk mempercepat booting windows 10. Kita dapat mencoba satu per satu langkah di atas dengan mudah dan dapat kita lakukan sendiri di rumah. Bagi anda yang ingin mencoba selamat mencoba dan semoga berhasil.

You May Also Like

About the Author: TheGasruk

Admin TheGasruk sebenarnya suka bermain game, namun di web kali ini akan berbagi semua pengalaman, informasi, dan hal lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *