Cara Membuat Paspor Online

Cara Membuat Paspor Online

Cara Membuat Paspor Online – Dulu membuat paspor harus mengantri mulai subuh di depan kantor imigrasi agar dapat urutan terdepan. Karenanya, banyak orang harus cuti sehari dari kantor bahkan ada yang sampai beberapa hari karena berasal dari luar kota.

Namun, proses mengantri lama ini tidak perlu anda lakukan lagi karena sekarang terdapat layanan pembuatan paspor online yang dapat anda akses di manapun berada asalkan tidak berada di pelosok yang jaringan internetnya susah.

Layanan paspor online merupakan produk ter-anyar dari pihak imigrasi Indonesia agar warganya dapat dengan mudah membuat paspor sehingga tidak mengganggu aktivitas warganya sehari-hari.

Nah, dengan adanya layanan ini tentu anda harus mengetahui tata cara pendaftaran, persyaratan yang diperlukan serta biaya-biaya yang ada. Sehingga anda tidak kebingungan ketika akan membuat paspor secara online nantinya.

Cara Membuat Paspor Online

Saat ini hampir seluruh kantor imigrasi di Indonesia terlebih yang ada di kota besar sudah memberi pelayanan berbasis online. Jadi, anda hanya perlu mengunjungi website imigrasi untuk memeriksa nomor antrian, sehingga anda tidak perlu repot-repot antri di pagi buta lagi.

Kelebihan lainnya adalah anda akan mengetahui kapan dan pada jam berapa untuk melanjutkan proses pembuatan paspor online ini nantinya. Proses pembuatan paspor secara online ini memiliki beberapa tahapan yang harus anda ketahui yaitu:

1. Mendaftar Antrian

Perbedaan utama ketika menggunakan layanan paspor online adalah pada proses pendaftarannya. Anda cukup melihat di website imigrasi antrian.imigrasi.go.id, atau di aplikasi Layanan Paspor Online yang dapat anda peroleh di Google Playstore serta melalui Whatsapp namun tidak semua imigrasi memberi layanan komunikasi melalui WA.

Hal yang harus anda ketahui adalah bahwa setiap imigrasi hanya mampu melayani 100 pengunjung setiap harinya selama masa kerja yang berarti mulai dari hari senin sampai dengan Jumat. Pada setiap hari jumat siang maka nomor antrian akan di reset, sehingga anda harus cepat memeriksa antrian pada hari ini.

Ketika telah membuka web atau apps paspor online anda harus membuat akun terlebih dahulu agar dapat mengakses dan mengetahui jumlah antrian yang masih tersedia di berbagai kantor imigrasi di Indonesia. Setelah itu anda harus mengikuti beberapa tahapan agar memperoleh antrian seperti:

  • Memilih kantor imigrasi. Pilihlah kantor imigrasi terdekat sekaligus yang masih memiliki kuota antrian
  • Memilih permohonan paspor apakah hanya untuk perpanjangan atau membuat paspor baru
  • Memilih tanggal yang di dinginkan atau yang masih tersedia
  • Memilih waktu berkunjung ke kantor imigrasi, bisa pada pagi hari (8.00-12.00) atau siang hari (13.00-15.00)
  • Input data seperti nomor KTP, KK dan sebagainya
  • Melalui pendaftaran online anda dapat mengikutsertakan sampai lima orang karenanya anda juga perlu memberikan keterangan terlebih jika mengikutkan beberapa anggota keluarga seperti ayah, ibu, suami, istri atau anak.

2. Mengunjungi Kantor Imigrasi

Setelah mendaftar untuk pembuatan paspor online anda harus datang ke kantor imigrasi pada waktu yang telah anda pilih sebelumnya. Lebih baik datang sedikit lebih awal karena proses ini tidak memakan waktu lama.

Ketika sampai tunjukkan QR code kepada petugas administrasi dan anda akan diberikan cetakan nomor antrian. Setelahnya anda akan melewati beberapa proses seperti verifikasi dokumen yang seharusnya telah anda persiapkan sebelumnya,pas foto untuk paspor, rekam sidik jari dan wawancara.

Wawancara ini hanya menanyakan apa tujuan dan kebutuhan anda dalam pembuatan paspor. Tentu jawabannya bisa untuk studi, wisata, mengunjungi anggota keluarga dan lainnya. Setelah itu anda harus membayar biaya pembuatan paspor baik secara tunai atau transfer pada bank yang menyediakan layanan pembayaran paspor.

Biasanya setiap bank BUMN memiliki layanan ini. Jangan lupa foto dan simpan bukti pembayaran ini, karena masih dibutuhkan ketika akan mengambil paspor nantinya.

3. Tunggu Notifikasi

Setelah melewati tahapan pembuatan paspor online tersebut anda harus menunggu kurang lebih lima hari sampai paspor anda selesai di cetak. Anda akan memperoleh notifikasi via sms yang berisikan bahwa paspor milik anda telah dapat di ambil.

4. Ambil Paspor Anda

Pada tahap ini anda harus langsung datang ke kantor imigrasi dan mengambil nomor antri pengambilan paspor. Sebelum menerima paspor anda harus menyerahkan bukti bayar atau transfer. Jika hilang maka anda dapat mencetak hasil foto bukti transfer tersebut dan serahkan ke petugas beserta KTP, SIM atau kartu identitas lainnya.

Persyaratan Membuat Paspor Online

Ketika telah mendaftar untuk pembuatan paspor online, anda harus mempersiapkan berbagai berkas yang dibutuhkan ketika mengunjungi imigrasi nantinya. Karena yang berubah hanya sistem pendaftarannya sedangkan pemeriksaan berkas serta wawancara tetap ada. Nah, karena itu anda harus mengetahui beberapa persyaratan pembuatan paspor ini.

1. Berkas Persyaratan Paspor Bagi WNI Dalam Negeri

  • KTP (Kartu tanda penduduk) asli dan salinannya
  • KK (Kartu Keluarga) asli dan salinannya
  • Buku nikah, akta lahir serta akta perkawinan bagi yang telah menikah, ijazah baik asli dan salinannya. Anda memilih salah satu dari pilihan dokumen ini namun pilihlah dokumen yang mencantumkan nama, tempat serta tanggal lahir dan nama kedua orangtua anda.
  • Paspor lama untuk anda yang pernah memilikinya
  • Surat dari pejabat yang berwenang bagi anda yang pernah mengubah nama
  • Surat kewarganegaraan Indonesia untuk orang asing yang telah menjadi warganegara Indonesia baik itu yang menikah dengan WNI ataupun keturunannya.

2. Berkas Persyaratan Paspor Bagi Anak WNI

Jika anda mengikutsertakan anggota keluarga seperti anak maka terdapat beberapa berkas yang harus dipersiapkan untuk membuat paspor online, seperti;

  • KTP orangtua anak tersebut baik itu asli dan salinannya
  • KK asli dan salinannya
  • Akta Kelahiran anak
  • Buku nikah dan akta perkawinan orangtua
  • Surat dari pejabat berwenang jika si anak pernah mengganti nama
  • Paspor lama jika memilikinya

3. Berkas Persyaratan Paspor Bagi WNI Yang Berada di Luar Negeri

  • Mendaftar pada e-KBRI negara domisili anda saat ini
  • Akta lahir baik itu asli dan salinannya
  • Buku nikah atau akta perkawinan asli dan fotocopy
  • Paspor biasa

Biaya Pembuatan Paspor Online

Biaya pembuatan paspor online lebih mahal daripada melalui proses biasa. Paspor biasa yang berisikan 24 halaman dikenakan biaya Rp 100.000 sedangkan yang 48 halaman sebesar Rp 300.000.

Sedangkan paspor online dikenakan biaya sebesar Rp 300.000 untuk yang 24 halaman dan Rp 600.000 untuk 48 halaman. Biaya ini belum termasuk jasa pemakaian teknologi yang memakai sistem penerbitan paspor berbasis biometrik sebesar Rp 55.000.

Jadi, jika anda ingin membuat e-paspor dengan 48 halaman maka anda harus membayar sebesar Rp 655.000. Walaupun lebih mahal, anda dapat menghemat banyak waktu tanpa harus antri di pagi hari dan tidak perlu sering-sering bolak-balik ke kantor imigrasi dengan mendaftar secara online.

Jadinya, membuat paspor secara online tidak akan mengganggu pekerjaan atau aktivitas lainnya. Itulah informasi mengenai cara membuat atau daftar paspor online lengkap dengan persyaratannya yang telah thegasruk.com ulas berdasarkan pengetahuan kami.

You May Also Like

About the Author: TheGasruk

Admin TheGasruk sebenarnya suka bermain game, namun di web kali ini akan berbagi semua pengalaman, informasi, dan hal lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *