Cara Membuat Nomor Halaman Berbeda di Word 2010

Cara Membuat Nomor Halaman Berbeda di Word 2010

Cara Membuat Nomor Halaman Berbeda di Word 2010 – Membuat dokumen yang memiliki halaman banyak mempunyai kesulitan sendiri bagi yang belum terbiasa seperti membuat skripsi atau pun dokumen yang memiliki halaman sampul, daftar isi, dan halaman yang terdiri dari beberapa Bab serta memiliki daftar pustaka dan lain-lain.

Membuat nomor halaman tidak dapat di lakukan secara manual hal ini karena akan menjadi sama seperti kita membuat heading pada Word. Bagi mahasiswa yang sedang mengerjakan karya ilmiah maupun skripsi sangatlah penting membuat penomoran pada setiap halaman yang berbeda.

Apalagi di kerjakan dengan waktu yang terbatas sehingga mereka sangat membutuhkan langkah pembuatan nomor halaman yang berbeda. Berikut ini Thegasruk.com akan membahas dan mengulas bagaimana membuat nomor halaman yang berbeda pada Microsoft word 2010.

Cara Membuat Nomor Pada Halaman Dokumen Word 2010

1. Yang pertama setelah membuat dokumen baru letakan kursor pada halaman pertama, kemudian kita pilih page layout pilih Breaks dan klik Next Page.

2. Secara otomatis kita akan masuk pada halaman kedua, jangan pindahkan kursor, kita dapat langsung memilih Insert kemudian Page number dan pilih Format Page numbers.

3. Pada jendela popup yang muncul kita dapat pilih format dengan penomoran 1,2,3… kemudian kita klik pada start at : 1 kemudian klik OK.

4. Apabila langkah di atas sudah dilakukan memang tidak ada perubahan dan munculnya halaman pada dokumen, selanjutnya kita klik Page Number kembali dan pilih posisi yang kita inginkan.

  • Top of Page : Untuk menempatkan sebuah nomor pada halaman di bagian atas atau header
  • Bottom of Page : Untuk menempatkan sebuah nomor pada halaman di bagian bawah atau footer
  • Page Margins : Untuk menempatkan sebuah nomor pada halaman di bagian dekat dengan margin halaman.
  • Current Position : Untuk menempatkan sebuah nomor pada halaman di bagian posisi kursor.

5. Apabila sudah di pilih maka nomor akan muncul namun belum berbeda.

6. Sekarang kita posisikan kursor pada halaman pertama, kemudian kita pilih Insert kemudian Page Number dan klik Format Page Number kembali.

7. Selanjutnya ketika muncul jendela popup, kita rubah ke format romawi : i,ii,iii….. kemudian klik Ok

8. Sekali lagi kita pilih Page number kemudian kita pilih posisi nomor halaman yang kita inginkan dan kita dapat melihat hasilnya.

9. Selesai, kita dapat melihat hasil nomor yang berbeda pada setiap halaman nya.

Merubah Format Nomor Halaman

Hal ini apabila kita ingin merubah format halaman dari 1,2,3 menjadi i,ii,iii.

  1. Yang pertama kita lakukan klik dua kali pada Header/footer pada nomor halaman berada untuk dapat menampilkan Header & Footer Tools.
  2. Pada Design Tab kita dapat memilih Header dan Footer kemudian klik Page Number dan juga klik Format Page Number.
  3. Pada Popup Page Number Format yang tampil kita dapat memilih gaya penomoran yang kita inginkan dengan cara klik tanda panah ke bawah pada Number Format.
  4. Kemudian klik Ok dan selesai, nomor halaman nomor akan berubah sesuai yang kita inginkan.

Merubah Jenis Ukuran Font Pada Nomor Halaman

  1. Klik dua kali pada bagian header/footer untuk dapat menampilkankan Header & Footer Tools.
  2. Pada bagian Design tab, kita dapat memilih Header & Footer, kemudian kita klik Page Number, selanjutnya kita klik Format Page Numbers.
  3. Pada bagian PageNumber Format, posisi Page numbering, kita pillih:
    • Continue from previous section, ini berfungsi melanjutkan nomor halaman yang kita buat dari section sebelumnya.
    • Start at kita dapat mengisi nomor pada kotak yang ada di sampingnya, hal ini dapat memulai sebuah penomoran dari nomor yang kita.
  4. Kemudian kita klik OK.

Merubah Jenis Ukuran Font

  1. Yang pertama kita klik dua kali pada bagian header/footer dimana tempat nomor halaman untuk menampilkan Header & Footer Tools.
  2. Kemudian kita pilih nomor halaman yang ingin kita rubah.
  3. Akan muncul mini toolbar diantaranya jenis font, ukuran font dan lain sebagainya, selanjutnya kita dapat melakukan format sesuai yang kita inginkan.

Membuat Posisi Nomor Pada Halaman Yang Berbeda

Apabila kita ingin membuat posisi nomor halaman yang berbeda seperti halaman ganjil yang memiliki penomoran halaman pada bagian sebelah kanan. Dan pada halaman genap, penomoran halaman pada bagian sebelah kiri berikut ini langkah-langkahnya.

1. Klik dua kali pada header/footer dimana tempat nomor halaman agar dapat menampilkan Header & Footer Tools.

2. Klik pada bagian Design tab, kita dapat memilih grup Options, kemudian centang kotak pada Different Odd & Even Pages.

3. Pada bagian halaman ganjil, kita dapat membuat nomor halaman pada posisi sebelah kanan.

4. Selanjutnya kita pindah pada halaman genap, kemudian kita buat kembali nomor halaman dengan posisi pada bagian sebelah kiri.

5. Apabila kita ingin menambah halaman yang baru, pada posis nomor halaman secara otomatis mengikuti format yang sudah kita dibuat.

Membuat Letak Pada Nomor Halaman Pertama Berbeda Pada Setiap Bab

Dalam membuat dokumen skripsi pada halaman yang pertama pada setiap bab nya memiliki perbedaaan pada posisinya di bandingkan dengan halaman yang lainnya. Pada halaman bab biasanya memiliki penomoran dengan posisi di tengah namun pada halaman lain penomoran akan ada di bagian kiri.

Untuk pengaturan tersebut, ada yang memiliki cara dengan memisahkan setiap halaman bab dalam suatu dokumen yang berbeda.
Namun dengan menggunakan section break kita tidak perlu repot karena dalam satu dokumen bisa menggabungkan dari beberapa bab. Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Hal pertama kita dapat melakuka klik dua kali di bagian header/footer untuk dapat menampillkan Header & Footer Tools.

2. Pada bagian Design tab, kita dapat memilih grup Options, dan keudian centang kotak pada Different First Page.

3. Pada bagian halaman yang pertama, kita dapat membuat nomor halaman.

4. Selanjutnya kita dapat pindah pada halaman yang kedua, kemudian lakukan penomoran pada halaman di bagian kanan atas.

5. Kemudian kita dapat membuat section yang baru agar dapat memisahkan antar bab. Letakan kursor pada bagian yang ingin kita buat section yang baru.

6. Setelah itu pada bagian Page Layout tab, kta pilih Page Setup, dan pilih Breaks.

7. Pada grup Section Breaks, ktia dapat memilih jenis break pada Next Page. Dapat kita lihat bahwa format nomor halaman di bagian section 2 akan memiliki kesamaan dengan bagian section 1.

Kemudian apabila kita ingin menambahkan halaman bab yang baru, dpat mengikuti langkah yang ke 5-7.

Pada Dokumen Yang Sama dengan Format Nomor Halaman Yang Berbeda

Dalam membuat dokumen pada halaman Daftar Isi kita menggunakan format penomoran dengan angka romawi : i, ii, iii, namun pada bagian isi dokumen seperti bab kita menggunakan penomoran dengan no pada umumnya : 1, 2, 3. Berikut ini langkah-langkah nya.

1. Yang pertama kita pisahkan terlebih dahulu antar bagian seperti Daftar Isi dengan menggunakan section break. Kemudian kita pilih tipe break dengan klik Next Page.
Kita terlebih membuat section break dulu, selanjutnya dapat mengetikkan isi dokumen.

2. Pada bagian Insert tab, kita pilih Header & Footer, kemudian klik Page Number serta klik Format Page Numbers.

3. Kemudian pada bagian Number format, kita dapat pilih format angka romawi terlebih dulu lalu klik OK.

4. Pada bagian Insert tab, kita klik Header & Footer, kemudian pilih Page Number selanjutnya kita pilih Bottom of Page yang berfungsi menyisipkan nomor halaman.

5. Apabila sudah selanjutnya klik dua kali pada bagian footer di Section 2.

6. Kemudian pada bagian grup Header & Footer, kita klik Page Number serta klik Format Page Numbers.

7. Selanjutnya di Page numbering kita klik Start At kemudian ketikkan angka 1 lalu klik OK.

Menghilangkan Nomor Halaman

  1. Yang oertama di bagian Insert tab, kita pilih grup Header & Footer, kemudian kita klik Page Number.
  2. Kita dapat memilih Remove Page Numbers.
  3. Apabila menghapus dengan manual, kita dapat klik header/footer kemudian pilih nomor halaman. Selanjutnya kita tekan tombol Delete.
  4. Selesai.

Baca juga :

Itulah cara untuk membuat nomor halaman yang berbeda pada microdoft word 2010, serta cara-cara lain yang dapat kita lakukan untuk membuat atau merubah penomoran pada dokumen. Langkah di atas merupakan hal yang dapat kita coba apabila kita sedang melakukan pembuatan karya ilmiah maupun skripsi, Bagi anda yang sedang mencari cara penulisan nomor pada halaman dapat mencoba cara di atas dengan lengkap. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

You May Also Like

About the Author: TheGasruk

Admin TheGasruk sebenarnya suka bermain game, namun di web kali ini akan berbagi semua pengalaman, informasi, dan hal lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *