Cara Membuat Background Merah & Biru di Photoshop

Cara Membuat Background Merah & Biru di Photoshop

Cara Membuat Background Merah & Biru di Photoshop – Kebanyakan orang lebih memilih untuk membayar studio foto ataupun percetakan untuk mencetak pas foto dengan background merah ataupun biru. Memang jika dilihat sekilas, mengganti background saja sepertinya sudah sulit.

Ada banyak langkah-langkah yang harus dilakukan agar background foto bisa sempurna diganti dengan warna merah atau biru. Namun sebenarnya, mengganti bacground foto tidaklah sesulit yang dibayangkan.

Anda hanya perlu mengikuti cara membuat background merah & biru di Photoshop sesuai penjelasan di bawah ini. Mengapa harus menggunakan Photoshop? Tidak lain karena aplikasi ini yang menyediakan fitur editing paling lengkap dan memiliki antarmuka yang paling sederhana. Langsung saja, berikut adalah cara-caranya.

Cara Membuat Background Merah & Biru di Photoshop

Aplikasi Photoshop sampai saat ini sudah memiliki banyak seri. Mulai dari CS 1 sampai dengan CS 6. Bahkan yang terbaru juga sudah hadir dari seri Photoshop CC.

Dalam cara membuat background merah & biru di Photoshop ini, Anda bisa menggunakan Photoshop seri mana saja karena tools yang akan digunakan dalam proses editing ini adalah tools standar yang ada di semua seri.

Namun jika Anda menginginkan tools dan fitur-fitur yang lebih lengkap, silakan gunakan Photoshop seri terbaru.

Download Photoshop Versi Terbaru

Siapkan aplikasi Photoshop seri berapa saja. Namun, perlu diperhatikan jika Photoshop merupakan aplikasi editing yang lumayan berat untuk komputer dengan spesifikasi pas-pasan. Minimal RAM yang dibutuhkan agar Photoshop seri baru bekerja dengan baik adalah 2GB.

Akan tetapi, jika komputer Anda memiliki RAM lebih kecil, maka cobalah untuk menginstal Photoshop seri terdahulu, yaitu Photoshop CS 1 sampai dengan CS 3. Anda bisa mendapatkan aplikasinya dengan mendownload dari situs resmi Adobe. Setelah mendapatkan aplikasinya, silakan ikuti langkah instalasi sampai selesai dan Photoshop siap digunakan.

Buka Aplikasi Photoshop

Buka aplikasi Photoshop yang sudah diinstal. Cara membuat background merah & biru di Photoshop bisa Anda mulai dengan membuka foto yang ingin Anda edit. Pastikan foto yang akan diedit memiliki resolusi yang cukup baik agar foto tidak pecah saat selesai di edit.

Di halaman awal, Anda akan dihadapkan pada kanvas kosong. Pilih menu File yang ada di pojok layar. Setelah itu pilih Open untuk membuka gambar yang akan diedit. Anda juga bisa membuka gambar dengan menekan kombinasi CTRL+O.

Cara lainnya adalah dengan menyeret dan meletakkan (drag and drop) gambar yang ada di dalam File Explorer langsung ke dalam kanvas. Jika foto sudah terbuka, lanjut ke langkah editingnya.

Membuat Layers 

Perhatikan bagian pojok kanan bawah aplikasi. Di sana Anda akan menemukan Layers yang merupakan lapisan dari foto yang Anda masukkan tadi.

Cara membuat background merah & biru di Photoshop yang selanjutnya adalah dengan menggandakan layers tersebut. Klik tombol CTRL+J dan Ayer yang semula hanya satu, kini berubah menjadi dua. Satu layers Background dan satu layers bernama Layers 1. Klik pada layers background untuk mengaktifkannya agar bisa diedit.

Atur Warna Background

Pilih menu Set background Color yang ada di pojok kiri bawah. Nah, pada tahap cara membuat background merah & biru di Photoshop ini Anda tinggal menentukan apakah ingin mengganti warna latar belakang menjadi atau biru. Jika menu tersebut diklik, maka akan keluar menu Color Picker.

Silakan pilih warna apa yang akan Anda gunakan pada foto tersebut. Anda bisa mengatur sendiri tingkat kecerahan warna merah ataupun biru sesuai dengan keinginan Anda. Jika sudah menemukan warna yang tepat.

Klik tombol OK. Segera setelah Anda mengklik OK, maka kursor akan berubah aktif. Arahan kursor ke layers background yang sudah Anda pilih tadi. Jika layers sudah berwarna biru, kemudian tekan CTRL+Delete.

Mengaktifkan Layers Photosop

Selanjutnya klik Layers 1 untuk mengaktifkannya. Dalam cara membuat background merah & biru di Photoshop ini, Anda akan melakukan seleksi terhadap foto yang akan Anda ubah backgroundnya.

Anda bisa menggunakan beberapa tools yang tersedia di bagian kanan layar. Pilih tools yang sekiranya paling sesuai dengan kemampuan Anda. Anda bisa memilih Lasso Tool, Quick Selection Tool, ataupun menggunakan Pen Tool.

Semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Yang terpenting adalah Anda menemukan tools yang bisa menghasilkan proses seleksi yang paling halus.

Seleksi Foto

Dalam melakukan seleksi di cara membuat background merah & biru di Photoshop ini, proses seleksi memegang peranan yang sangat penting. Jika Anda pemula, maka disarankan untuk menggunakan tools yang sederhana dalam proses seleksi, yaitu Quick Selection Tool atau Magic Wand Tool.

Kedua tools tersebut bekerja dengan baik ketika foto memiliki background yang kontras dengan objek utama. Jadi untuk memudahkan Anda saat mengedit, usahakan untuk mencari tempat foto yang terang dan jelas batas antara objek dengan latar belakangnya. Mengedit akan menjadi lebih mudah dan lebih cepat.

Menghapus Bawaan Background

Jika seleksi sudah dirasakan cukup halus, maka Anda bisa langsung mengklik tombol Delete untuk menghapus backgroundnya. Jika masih ada sisa-sisa background yang dirasa mengganggu.

Anda bisa menghausnya menggunakan Eraser Tool yang ada di menu bagian samping kanan. Cara membuat background merah & biru di Photoshop ini lebih mudah dan lebih efektif daripada Anda berlama-lama dalam proses seleksi.

Namun Anda juga perlu hati-hati dalam menghapus. Jangan sampai Anda juga ikut menghapus objek utama foto. Atur besar kecilnya penghapus yang Anda gunakan melalui menu di bagian atas. Anda bisa memilih dari penghapus Yat paling kecil hingga yang paling besar untuk mendapatkan hasil editing terbaik.

Penyelesaian dan Simpan Gambar

Sampai tahap ini, proses mengganti background sudah selesai. Terakhir, Anda hanya perlu menyatukan antar kedua layers tadi. Caranya, klik kanan di layers Background, kemudian klik Platten Image. Jika sudah, Anda hanya perlu menyimpannya.

Silakan pilih format penyimpanan yang Anda inginkan. Anda juga bisa mengatur resolusi dan kualitas foto sesuai dengan kebutuhan Anda. Dengan begitu, foto sudah bisa memasuki proses cetak.

Kunci dari cara membuat background merah & biru di Photoshop di atas sebenarnya mudah saja, Anda hanya perlu menyiapkan foto mentah sebaik mungkin. Baik di sini berarti antara objek foto dengan background memiliki batas warna yang jelas.

Hal ini karena kebanyakan pemula masih kesulitan dalam melakukan proses seleksi. Dengan menggunakan foto mentah yang baik dan teratur, maka akan sangat membantu dalam proses pengeditan. Jangan malas untuk mengatur background foto terlebih dulu sebelum sesi pengambilan gambar berlangsung demi gambar yang lebih baik.

Baca juga :

Demikianlah cara membuat background merah & biru di Photoshop yang bisa Anda coba sendiri. Jika sekedar mengganti background menjadi merah atau biru saja, Anda bisa melakukannya sendiri di rumah. Selain meningkatkan kemampuan editing, Anda juga bisa menghemat banyak waktu dan biaya.

You May Also Like

About the Author: TheGasruk

Admin TheGasruk sebenarnya suka bermain game, namun di web kali ini akan berbagi semua pengalaman, informasi, dan hal lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *